FIRMA

Firma adalah suatu bentuk badan usaha yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih, dan umumnya didirikan dengan Akta Otentik sebagai Akta Pendirian dan dibuat oleh Notaris dalam bahasa Indonesia.

Badan usaha ini lebih banyak digunakan oleh beberapa atau sekelompok orang yang memiliki keahlian sama untuk memberikan pelayanan atau melaksanakan kegiatan usaha dibidang Jasa. Para pendiri Firma umumnya telah saling mengenal dan percaya satu sama lain serta masing-masing anggota telah mengetahui dan memahami segala resiko yang timbul dan menjadi tanggung jawab para pendirinya. Resiko usaha dari badan usaha ini ditanggung bersama oleh para sekutu/pendiri termasuk dengan harta pribadinya.

Penjelasan Firma

Dasar hukum

Sama seperti CV badan usaha Firma juga tidak diatur secara khusus dalam Peraturan atau Undang-Undang tentang Firma, kecuali yang diatur dalam pasal 16 s.d 35 KUHD. Silahkan liat disini.

Modal

Badan usaha ini tidak memiliki modal dasar, modal ditempatkan atau modal disetor yang disebutkan didalam Akta Pendirian seperti halnya Perseroan Terbatas (PT)

Pendirian

Badan usaha ini didirikan oleh 2 (dua) orang atau lebih. Proses pendiriannya harus dibuatkan Akta Otentik sebagai Akta Pendirian yang dibuat oleh Notaris sebagai bukti keberadaannya.

Maksud dan tujuan

Maksud dan tujuan perusahaan ini dapat bersifat umum atau spesialis. Namun umumnya badan usaha ini didirikan untuk dengan maksud dan tujuan untuk melaksanakan kegiatan usaha dibidang Jasa.

Nama dan Tempat Kedudukan

Sama seperti CV dan PT, badan usaha ini juga harus memiliki nama dan tempat kedudukan perusahaan dalam menjalankan kegiatan usaha.

Nama biasanya dibuat dengan nama pribadi salah satu anggotanya atau gabungan dari nama para pendirinya. Pemakaian nama tidak perlu mendapatkan persetujuan dari instansi terkait seperti halnya pemakaian nama PT.

Sedangkan tempat keuddukan Firma adalah kota/kabupaten Inizialmente, le slot machine erano molto più semplici di quelle odierne, erano caratterizzate solitamente da tre rulli ed una unica linea di puntata, e venivano azionate grazie ad una leva che di norma si trovava al lato del gioco. di wilayah Republik Indonesia dan memiliki alamat jelas sebagai kantor pusat melaksanakan kegiatan usaha

Pengurus

Pengurus Firma adalah para pendiri/sekutu yang masing-masing memiliki hak untuk melaksanakan atau melakukan tindakan atas nama Firma kecuali ditentukan lain dalam anggaran dasar.

Anggaran dasar

Akta pendirian yang menjadi anggaran dasar harus memuat minimal hal-hal sebagai berikut;

1. Nama para pendiri/sekutu

2. Nama Firma

3. Tempat kedudukan Firma

4. Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha

5. Pengurus Firma

Syarat Pendirian dan dilakukan pada Notaris

1.      Pembuatan akta pendirian firma

2.      Surat keterangan domisili perusahaan

firma

3.      Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

firma

4.      Surat pengukuhan pengusaha kena pajak (SP-PKP)

firma

5.      Pendaftaran ke Pengadilan Negeri

6.      Surat izin usaha perdagangan

firma

7.      Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

firma

zp8497586rq